Cara mengatasi atau mengobati sembelit

Masalah kesehatan yang satu ini bisa menjadi ysalah satu masalah kesehatan yang cukup sering terdengar dan juga bisa terjadi kepada siapa saja. Sembelit merupakan masalah kesehatan dimana keadaan buang air besar tidak lancar yang menyebabkan susah buang air besar. Mungkin ada orang yang menganggap keadaan atau masalah kesehatan yang satu ini tidak begitu membahayakan, namun kita jangan sampai lalai atas masalah kesehatan sekecil apapun untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih besar. Sembelit bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, balita, hingga orang dewasa dan lanjut usia. Penyebab terjadinya sembelit bisa bermacam-macam, misalnya adalah kurang asupan makanan yang mengandung mineral dan nutrisi yang cukup bagi tubuh, atau juga bisa karena kurang minum air putih, bisa juga karena kurang makan buah-buahan dan sayuran. Sembelit bisa menjadi bahaya apabila terjadi terus menerus atau sering terjadi. terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat juga bisa memicu terjadinya sembelit misalnya banyak makan gorengan, dan makanan makanan lain yang mengandung banyak bahan bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh kita. terkadang, kita juga tidak tahu apa penyebab terjadinya sembelit padahal kita sudah menghindari makan makanan yang memang harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sembelit atau untuk mengobati sembelit.

Cara mengatasi atau mengobati sembelit


sembelit

- Banyak minum air putih
Air putih yang cukup bagi tubuh setiap harinya sangat membantu keberlangsungan fungsi kerja organ-organ dalam tubuh kita, termasuk juga adalah organ pencernaan. Biasakan minum 8 gelas sehari.

- Konsumsi yoghurt
Yoghurt mengandung bakteri baik yang juga sangat baik bagi pencernaan kita, terutama pada bagian usus. Bakteri yang baik di dalam usus kita juga bisa mencegah kita dari berbagai penyakit bahaya seperti kanker usus. Konsumsi yoghurt atau makanan yang mengandung probiotics lainnya.

- Banyak makan sayuran
Mengonsumsi sayuran tidak perlu repot-repot dimasak dengan menggunakan ini dan itu, cukup dengan cuci bersih, rebus sebentar, dan langsung dimakan. Tidak perlu mempermasalahkan rasanya jika anda kurang menyukainya, tapi perhatikanlah manfaatnya bagi kebaikan tubuh anda.

- Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan juga sangat diperlukan tubuh, oleh karena itu, konsumsi lah buah-buahan setiap hari agar tubuh kita sehat, dan kulit kita menjadi lebih cantik.
Cara mengatasi atau mengobati sembelit | maya | 5