Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk

Beberapa dari kita atau mungkin kebanyakan orang dari kita sering mengalami rasa mengantuk saat sedang bekerja, belajar, melamun, dan lain sebagainya. Rasa mengantuk itu jika datang pada saat hendak menjelang tidur, itu tidak apa-apa, namun jika datang pada waktu atau disaat saat yang sedang tidak boleh tidur seperti sedang bekerja, belajar, mengerjakan tugas, mengerjakan soal, saat sedang di kampus dan di kelas, itu sama sekali akan sedikit banyak mengganggu aktifitas kita. rasa mengantuk yang datang itu terkadang disebabkan  oleh beberapa hal, misalnya adalah karena jam tidur yang kurang pada malam harinya, karena terlalu kelelahan, karena kecapekan, karena terlalu banyak beraktifitas, dan lain sebagainya. Namun, bisa juga rasa mengantuk yang datang adalah karena justru kita tidak melakukan aktifitas apa a-apa di pagi hari misalnya, kita baru saja bangun, mandi, dan sarapan, namun tiba-tiba kita mengantuk yang datang secara tiba-tiba. Mengantuk memang sebagai alarm bahwa kita sudah waktunya istirahat, namun jika terjadi pada saat saat sedang beraktifitas, mengantuk bisa juga sebagai godaan supaya kita malas. Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk di jam-jam sibuk:


- Minum air putih
Minumlah air putih satu sampai dua gelas. Bisa jadi anda menguap karena kekurangan oksigen ke otak, bukan karena ingin tidur. Minum air dingin lebih baik supaya segar.

- Cuci muka dengan air dingin
Saat kantuk menghadang, cucilah muka anda dengan air dingin agar kembali segar.

- Lari lari kecil
Jika tiba tiba anda mengantuk, segera bangkit dari tempat duduk anda dan bergeraklah, misalnya jalan-jalan sebentar atau lari-lari kecil agar anda kembali segar.

- Istirahat sejenak
Saat anda mulai mengantuk, tinggalkan aktifitas anda kurang lebih selama 5 menit untuk istirahat atau minum. Setelah itu, usahakan anda kembali segar.

- Alihkan pikiran anda sejenak
Jika anda sedang bekerja atau belajar dan tiba-tiba mengantuk, alihkan pikiran anda sejenak seperti bermain game atau membuka ponsel anda untuk sekedar mengalihkan pikiran agar kembali segar dan rasa kantuk menjadi hilang.
- Tidur.
Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk | maya | 5