Cara mengurangi nafsu makan

Bagi beberapa orang atau bahkan kebanyakan orang dari berbagai kalangan baik wanita maupun  laki laik, salah satu yang menjadi perhatian atau sorotan yang menyedot pikiran kita salah satunya mungkin adalah bentuk tubuh dan berat badan. Bentuk tubuh yang ideal dan proporsional bisa menjadi idaman atau dambaan setiap orang, apalagi yang sangat memperhatikan badannya. Begitu pula dengan berat badan. Terutama bagi kaum wanita, berat badan bisa menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi mereka. Bentuk tubuh yang sudah ideal ataupun kurus dan tidak termasuk gemuk, namun pada saat melihat angka di timbangan yang cukup besar, perempuan bisa menjadi stres atau merasa dirinya menjadi gemuk, padahal kenyataannya tidak demikian. Selain itu, banyak sekali juga orang yang merasa badannya yang sudah kurus dan proporsional sebagai badan yang kurus yang menyebabkan ia merasa perlu untuk menjalani diet padahal sebenarnya dia tidak gemuk.

Mungkin anda juga pernah melihat orang yang badannya sudah kurus, namun masih tetap menjalankan diet. Masalah lain yang mungkin pernah dijumpai adalah nafsu makan yang berlebihan sehingga membuat orang harus diet untuk menjaga berat badannya atau untuk menahan nafsu makannya. Mungkin di sekitar kita ada orang orang dengan nafsu makan yang berlebihan sehingga menyebabkan orang tersebut mudah sekali naik berat badan. Atau, mungkin ada juga yang nafsu makannya sangat besar, tetapi berat badannya masih terjaga. Namun, tetap saja berat badan harus dijaga dan diperhatikan. Ada orang-orang yang memang nafsu makannya harus diperhatikan agar tidak menyebabkan kegemukan. Berikut ini adalah cara-cara untuk menekan nafsu makan yang berlebih:


- Banyak minum air putih
Minumlah air putih secara teratur dan rutin. Anda banyak makan, anda juga harus banyak minum air putih, agar tubuh anda tidak sampai kekurangan cairan.

- Sarapan teratur
Sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Biasakan anda sarapan, supaya tidak kelaparan dan tidak berlebihan makan di siang harinya.

- Olah raga
Olah raga sangat banyak sekali manfaatnya bagi kebaikan tubuh anda. Selain bisa menjaga berat badan, juga untuk membakar lemak yang tidak diperlukan tubuh.

- Konsumsi buah dan sayuran
Jika ada jenis cemilan yang sangat baik, maka itu adalah buah dan sayur-sayuran. Buah dan sayur mengandung berbagai keperluan tubuh, sedangkan cemilan cemilan yang biasa banyak dijajakkan di toko toko atau supermarket mungkin kandungannya tidak sebaik yang ada di buah atau di sayuran.
Cara mengurangi nafsu makan | maya | 5